Pengunjung

New Scorpion King from Tentrem Karoseri

"Pantat Baru Muka Lama"



Kali ini saya admin sendiri akan mencoba membahas, menelusuri dan meraba..ups cukup hehe.. semua tentang unit bus terbaru milik PO. Puspa Jaya yang baru saja landing tanggal 13 Januari 2012 dipull Tamanan Yogyakarta kemarin, yang sangat disayangkan disini saya tidak ikut serta dalam proses penjemputan karena ada sesuatu hal yang tidak bisa saya tinggalkan mengenai kuliah.."hehe jadi curhat", sehingga cukup tunggu dipull saja, dan saya pun meluncur ditemani sahabat Peje Lovers saya yaitu mas Juli Prananto mulai meraba sejengkal demi sejengkal dari bus baru ini ....sabar yak pelan-pelan biar maksimal hehe opo thoo..
ok sahabat PS semua kita mulai ulasannya..cekidot..



  • Eksterior Bus
Mengamati si Kalajengking hijau ini semula berpikir perubahan apa yang akan terlihat karena pertama kali datang yang nampak hanya sudut pandang muka kebelakang jadi yang nampak hanya bagian depan dan samping saja, namun setelah diraba - raba agak kebelakang nampaklah perubahan itu.  

yups...lekukan pantat baru nan menawan sesuai sengan asal inspirasi kalajengking ini, bagi semua orang yang mengaku bismania mungkin sudah tidak asing lagi dengan inspirasi yang ada dalam bodi bus kalajengking ini, hampir seluruhnya terinspirasi oleh bus coach pabrikan chassis bus dan truk Scania yang berlabel Scania Touring, tetap menawan dan gagah.. so kembali keulasan.
disini yang sangat disayangkan bentuk muka bus yang menggunakan model lama seperti model lampu penerangan dan lain-lain, padahal setelah dikonfirmasi kepada Om Putu Owner Puspa Jaya divisi Yogyakarta, beliau berkata bahwa sebenarnya bentuk bagian depan bus juga dipesan model yang terbaru bukan yang model lama, sungguh sangat disayangkan sekali karena secara keseluruhan bodi bus sudah termasuk baru berkat pemasangan pantat model baru.
selanjutnya melirik sedikit kesisi balutan cas khas identitas Puspa Jaya ... apa lagi kalau bukan hijau..namun disini ada perbedaan kadar kehijauan dari bus-bus reguler yang selama ini dimiliki pasukan ijo ini, terlihat sangat muda sepreti warna hijau pada body kawasaki ninja 250 mungkin memang dibuat sedemikian rupa agar suasana sedikit fresh dan juga tidak ketinggalan font Puspa Jaya baru yang tidak lagi menggunakan font aliran latin yang semakin terlihat tegas.
untuk lainnya saya rasa tidak ada perubahan yang begitu terlihat karena secara garis besar memang hanya itulah perbedaannya dari desain kalajengking sebelumnya. 
  • Interior Bus
Setelah puas meraba - raba kalajengking ijo dari luar sekarang lebih mendalam lagi, dan menuju sisi interiornya...
TARRRAAAAA!!!!!
 benar-benar baru interiornya teman..Super sekali...
pertama kali membuka pintu us langsung terpana dengan model baru dashboard kalajengking ini, sedikit unik lebih tepatnya dibuat semakin simple, sederhana dan elegan, karena sisi sentuhan hiasan ukir kayunya sedikit dikurangi dari model yang lama, kemudian juga letak perangkat pengotrol Audio Video, AC, Lampu penerangan dan lain-lain diatur sedemikian rupa sehingga terasa rapi dan mudah untuk dijangkau, setelah puas meraba dashboard dan sekitarnya lanjut menuju kabin penumpang dan.....dukkk aoowww!! kepala kepentok sekat haha, rupanya selain dashboard baru pihak Puspa Jaya sendiri juga memesan fasilitas kenyamanan penumpang yang satu ini yupss..sekat pemisah antara kabin driver dengan passenger halllaaaahh jowo ae yo,, ya sekat antara sofanya pak sopir dan ranjangnya penumpang hehe, model sekatnya hampir sama dengan sekat buatan karoseri lainnya, yang sedikit membedakan disini yaitu bentuk handle pintu yang dibuat simple dan tidak memakan tempat ini yang saya rasakan ketika membukanya terdengar klik (tak terlalu keras namun tetap nyaman) dan juga yang cukup unik yaitu penempatan fasilitas double LCD TV yang terpasang justru berada di kabin pak sopir menghadap kabin penumpang, bukan ditaruh dibagian kabin penumpang sedikit lucu memang, tak apalah hehe..
lanjut lagi disini kesan yang paling saya sukai dari semua fasilitas yang ada apakah itu ada yang tau..
terrererrenggggg...!!! 
seat penumpang alias kursi yups untuk urusan yang satu ini pihak Peje atau Puspa Jaya mempercayakan kepada Rimba Kencana selaku pembuat kursi bus yang sudah cukup terkenal untuk menanganinya, dengan desain kulit semi sintetis dijamin nyaman tanpa gangguan selip apapun saat beristirahat.

kemudian untuk konfigurasi AC, Audio Video dan lampu sudah terpasang sedemikian rupa yang saya duga tidak jauh denga model lamanya, beralih kebagian paling belakang fasilitas wajib bagi kelas eksekutif yaitu toilet, pada toilet buatan tentrem konfigurasinya tidak terlalu berbeda dangen karoseri lainnya yang semakin lama semakin memberi kesan simple yang sangat disayangkan dari toilet ini adalah tidak adanya blower atau fan yang berguna untuk membuang udara yang berada didalam toilet keluar dari bus dan sadar atau tidak sebenarnya ini sangat vital sekali karena bila blower atau fan tersebut tidak ada otomatis udara yang ada dalam toilet tersebut akan akan keluar menuju kabin penumpang saat pintu toilet juga dibuka imbasnya bila sang co-driver sedikit saja malas membersihkan toilet maka penumpang yang akan jadi korban polusi, dan walaupun sang co - driver sudah rajin pasti tetap masih tercium bau menusuk saat toilet baru digunakan, dan hal tersebut pernah dialami saudara saya saat menumpang bus dengan garapan karoseri yang sama namun bodi berbeda sungguh sangat mengurangi kenyamanan didalam bus. dibawah ini merupakan foto interior new Scorpion King.



  • Sistem kelistrikan
Untuk fasilitas yang satu ini saya lihat masih terhitung fresh dari Puspa Jaya, pasti sahabat semua sudah banyak yang tahu bukan fasilitas listrik dibus itu apa...yakk benar colokan listrik hehe
karena untuk fasilitas yang satu ini pada armada Puspa Jaya sebelumnya setiap penumpang harus selalu bertanya pada pak supir tentang colokan listrik setiap perangkat elektroniknya kehabisan daya, dan itu dianggap sedikit merepotkan karena bagi penumpang yang malu bertanya dapat dipastikan handphone dan kawan-kawan akan sekarat hehe, namun pada armada terbaru besutan karoseri tentrem ini pihak Puspa Jaya memberikan fasilitas kelistrikan secara gamblang tanpa ditutup-tutupi dan tempat colokan tersebut berada di kolong bagasi tas atas kanan kiri dekat pintu sekat.
ya walaupun cuma dua pasang tapi dirasa itu lebih dari cukup untuk sekedar menyambung hidup handphone yang sedang sekarat tadi dari pada tidak sama sekali...betul ndakk hehe tapi intinya saya paling suka dengan fasilitas yang satu ini hehe laikk disssss...










  • Audio Video
Pada fasilitas Audio Video bus ini memanjakan penumpang dengan memberikan fasillitas berupa du buah LCD TV yang terpampang dibagian depan dan juga sound system yang berada disetiap kolong bagasi atas tempat duduk penumpang.
bila suara yang dialunkan dirasa kurang greget karoseri tentrem menambahkan sebuah subwoofer berukuran cukup besar yang dirasa mampu menampilkan nuansa home theatre didalam bus dengan alunan yang menggelegar..










  • Keamanan Bus
Dan yang terakhir untuk fasilitas yang satu ini didalam bus terdapat peralatan keselamatan standar bus yang dirasa cukup efektif untuk digunakan saat terjadi hal yang tidak diinginkan.
fasillitas tersebut berupa palu untuk memecahkan kaca dan juga tabung pemadam kebakaran ukuran sedang yang bisa digunakan setiap waktu bila keadaan darurat sedang terjadi.



ahhh akhirnya selesai juga reviewnya semoga sahabat pecinta bus semuanya puas akan review singkat dari saya, banyak salah dan khilaf itu semata-mata karena kekurangan saya, semoga bermanfaat....
Sampai Jumpa di Riview saya selanjutnya...salam bismania...

Thanks to
  • Juli Prananto atas fotonya
  • Pihak PO Puspa Jaya
  • semuanya yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu
Create by Arif Sagitarium